Pengertian Tentang BIOS

5/14/2016 06:03:00 pm
Pengertian BIOS dan fungsi BIOS (Basic Input Output System) - Di dalam komputer, tentu terdiri dari bagian (komponen) yang saling mendukung, saling bekerja sama satu sama lain sehingga komputer mampu dijalankan dengan baik oleh penggunanya.

BIOS ini pada nyatanya terletak di dalam motherboard serta ditanamkan pada memori ROM ataupun CMOS. CMOS memiliki baterai untuk menyimpan berbagai macam pengaturan, misal tanggal dan waktu, serta masih banyak pengaturan lainnya.



Untuk pengertian BIOS itu sendiri, BIOS merupakan perangkat lunak (software) yang berguna untuk mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware), seperti halnya menguji, mengatur dan sebagainya.
Tentu setiap motherboard memiliki BIOS. Namun, jika BIOS mengalami kerusakan, maka kemungkinan besar motherboard tersebut juga akan mengalami kerusakan. BIOS ini juga pada dasarnya berguna untuk membantu load sistem operasi. Atau dengan kata lain, jika tidak ada BIOS, maka Sistem Operasi akan gagal untuk di load.

Saat kita mulai menyalakan komputer, yang pertama berjalan bukanlah Sistem Operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS, melainkan itu semua adalah BIOS. Dan saat BIOS sudah mulai berjalan, lantas segera melakukan proses untuk mengecek perangkat keras, dan jika semua perangkat sudah mampu berjalan, berfungsi dengan baik, maka selanjutnya barulah komputer siap untuk menjalankan sistem operasinya.

Lalu, setelah kita mengerti akan pengertiannya, selanjutnya, sebenarnya apa fungsi dari BIOS itu?

Fungsi yang paling utama dari BIOS itu untuk memberikan instruksi yang biasa dikenal dengan istilah Power on Self Test (POST) yakni perintah untuk mengidentifikasi setiap perangkat seperti CPU, RAM, Kartu VGA, Keyboard dan Mouse, dan perangkat lainnya pada saat komputer memulai proses booting.

Sementara itu, BIOS ini sebenarnya pertama kali digunakan di dalam komputer yakni di tahun 1981 oleh IBM PC. Saat ini, jenis BIOS yang banyak digunakan ada 3 yakni, AWARD BIOS, AMI BIOS dan Phoenix BIOS.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔